MONTECARLO

Divisi Mesin

Tune up mesin

Pengertian Tune up

Tune up berasal dari kata tune dan up, artinya menyeting kembali. Tune up adalah sebuah pekerjaan untuk menstandarisasi semua komponen dan sistem pada kendaraan seperti semula baik dengan cara penyetelan, atau pembersihan. bedanya tune up dengan service biasa : Tune up memang dikerjakan saat kita melakukan service rutin ke bengkel namun pekerjaan service rutin dan tune up itu berbeda. Tune up memiliki variasi pekerjaan lebih banyak dari service biasa sehingga waktu dan biaya yang dikenakan juga bisa lebih tinggi. Kalau service biasa, itu hanya sebatas mengecek bagian seperti filter udara, pengecekan fluida, pengecekan sistem injeksi, dan pengecekan rem tanpa mengecek bagian didalam mesin (tanpa pembongkaran berlebih). Namun pada pekerjaan tune up, itu hingga bagian dalam mesin seperti sistem katup juga akan dicek.

Komponen apa saja yang di Tune up ?

       Berikut Rincianya :
 
  1. Pengecekan dan pembersihan filter udara
  2. Pengecekan karburator dan throtle body
  3. Pengecekan celah busi dan pembersihan busi
  4. Pengecekan dan penyetelan celah katup
  5. Pengecekan tegangan V belt
  6. Pengecekan baterai/aki
  7. Pengecekan berbagai fluida
  8. Sektor pengapian
  9. Pelumas-pelumas mesin

Manfaat dan Fungsi Tune up

berikut ini fungsi tune up mobil secara umum. Antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Memaksimalkan Performa Mesin

Salah satu fungsi utama dari tune up mobil secara umum adalah untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan anda. Seperti yang sudah penulis jabarkan di atas, sebuah mesin kendaraan apabila tidak dirawat maka lama –  kelaman performa dari mesin tersebut akan menurun.

  1. Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah

Fungsi yang kedua dari pentingnya melakukan tune up adalah agar mobil kesayangan anda terhidar dari kerusakan yang lebih parah. Apabila kendaraan anda tidak dilakukan tune up secara rutin sesuai dengan standarnya, maka bisa dipastkan kendaraan anda akan mengalami kerusakan ya sobat. Nah kerusakan itu sendiri apabila dibiarkan secara terus menerus terjadi dan bertumpuk maka akan menimbulkan kerusakan yang akan lebih parah nantinya.

  1. Menjaga Kondisi Mesin Anda Agar tetap Awet

Bukan hanyaa perawatan tubuh manusia saja yang berfungsi untuk tetap menjaganya agar lebih awet ya sobat, namun hal tersebut juga berpengaruh penting terhadap kondisi mesin kendaraan anda. Segala sesuatu yang dirawat dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap benda atau sesuatu yang dirawat tersebut. Salah satu dampak positif yang dimaksud dalam hal ini adalah menjaganya agar tetap awet. Begitupun dengan mesin kendaraan anda, apabila selalu dirawat dengan salah satunya di tune up, maka kondisi mesinnya kan lebih awet dan bisa dipastikan usianya akan lebih panjang jika dibandingkan dengan mesin yang tidak dilakukan tune up.

  1. Memastikan Saringan Udara Dalam Mobil Anda Berfungsi Dengan Baik

Fungsi yang ke empat dari langkah perawatan tune up mobil adalah untuk memastikan komponen saringan udara dalam mesin anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila ada masalah yang disebabkan oleh tidak berfungsinya saringan udara dengan baik pada kendaraan anda, maka hal tersebut akan mempengaruhi suhu dalam kendaraan anda. Suhu yang tidak stabil, akan menyebabkan performa mesin anda berkurang. Selain itu suhu yang panas juga akan mempercepat kerusakan pada komponen mesin anda yang lainnya.

  1. Memastikan Semua Komponen Mesin Dalam Kondisi Stabil

Yang tidak kalah penting dari fungsi melakukan dan merawat kendaraan anda dengan cara tune up adalah untuk emastikan kondisi semua komponen yang ada pada mesin mobil anda tetap dalam kondisi yang stabil dan sesuai dengan spesfikasi yang ada pada buku manual kendaraan anda. untuk itu, sebaiknya lakukanlah tune up pada kendaraan anda secara rutin ya sobat agar komponen mesin mobil anda tetap terjaga.

Scroll to Top